Selasa, 13 Maret 2012

Dua Lagi Mobil Honda Kena Recall

Dua Lagi Mobil Honda Kena Recall

Arfi Bambani Amri
VIVAnews - Kembali Honda Motor Co akan melakukan recall atau penarikan sementara atas produknya. Setelah sebelumnya menarik sebagian Honda Jazz, Honda Fit dan Honda City, kali ini yang terkena recall adalah Odyssey dan Element, sebuah mobil jenis truk.

Penarikan ini akan berdampak pada 344.000 Odyssey dan 68.000 Elements produksi 2007 dan 2008. Menurut Honda, penarikan dilakukan karena problem rem yang sulit dihentikan jika tidak diperbaiki segera.

Pedal rem, kata Honda, bisa menjadi "lunak" dan ditekan lebih dalam ke lantai untuk menghentikan kendaraan. Jika tak diperbaiki, masalah ini bisa berujung pada kegagalan mengegas dan bisa menyebabkan kecelakaan.

"Seharusnya tidak beroperasi seperti itu, sehingga demi keamanan, harus dikenakan status recall," kata Chris Martin, juru bicara Honda seperti dilansir The Associated Press, Rabu 17 Maret 2010.

Pemanggilan dua jenis Honda ini dilakukan setelah Badan Keamanan Jalan Raya Amerika Serikat melaporkan tiga kecelakaan meski tak ada korban jiwa. Karena itu, sejak Senin, Honda mulai melakukan penarikan.

"Meski tak semua kendaraan dipanggil, kami akan memanggil semua unit yang dimungkinkan untuk menjamin keselamatan pengguna," kata Martin.

Untuk itu, Honda akan mengirim surat pada pengguna yang terkena recall. Surat ini akan dikirimkan sampai akhir April ini.
Sebelumnya Honda me-recall Jazz, Fit dan City edisi tahun tertentu karena masalah pada power window. Di Indonesia, penarikan hanya terjadi pada Honda City.

Bagaimana dengan Indonesia? Honda Prospect Motor, pengedar mobil Honda di Indonesia, secara resmi tidak memasarkan Odyssey dan Elements. Namun, jenis Odyssey banyak beredar di jalanan Indonesia.
• VIVAnews