Selasa, 13 Maret 2012

Empat Model Honda Mendapat Predikat Sebagai Greenest Vehicles di Tahun 2010

 

Empat Model Honda Mendapat Predikat Sebagai Greenest Vehicles di Tahun 2010

 
Empat model Honda mendapat predikat sebagai Greenest Vehicles di tahun 2010 versi situs greenercars.org. Situs ini adalah bagian dari sebuah lembaga independen di Washington D.C, Amerika Serikat yang mengkaji mengenai konservasi energi yaitu American Council for an Energy-Efficient Economy (ACEEE). Setiap tahunnya lembaga ini mengadakan riset mengenai tingkat efisiensi energi berupa konsumsi bahan bakar kendaraan bermotor khusunya mobil.

Honda berhasil menempati peringkat pertama dengan model Honda Civic GX. Model ini adalah mobil pertama Honda yang berbahan bakar gas alam. Honda Civic GX merupakan satu-satunya mobil non-hybrid Honda dalam riset kali ini. Untuk itu Honda Civic GX berhak mendapatkan nilai tertinggi yaitu 57. Mobil ini sudah diluncurkan di Amerika Utara sejak awal tahun 2010 silam. Honda Civic GX yang menggunakan mesin i-VTEC 1,8 liter tingkat konsumsi bahan bakarnya adalah 1 liter untuk 24 mil untuk di dalam kota sedangkan untuk perjalanan jarak jauh mobil ini hanya menghabiskan 1 liter untuk 36 mil perjalanan.

Menyusul model berikutnya di peringkat tiga yaitu Honda Civic Hybrid yang sudah diproduksi di Amerika Utara sejak tahun 2006. Mobil ini menggunakan mesin i-VTEC 1,3 liter dipadu dengan tenaga baterai Integrated Motor Assist (IMA). Honda Civic Hybrid berhasil mendapatkan nilai 51. Tingkat konsumsi bahan bakar Honda Civic Hybrid adalah 1 liter sejauh 40 mil untuk perjalanan di dalam kota sedangkan untuk perjalanan jarak jauh tingkat konsumsi bahan bakarnya mencapai 1 liter untuk 45 mil.

Honda Insight menyusul di urutan kelima dengan nilai 50. Honda Insight juga merupakan salah satu varian hybrid Honda yang sukses penjualannya di Amerika Utara. Honda Insight generasi kedua ini sudah dijual di pasar Amerika Utara sejak pertengahan tahun 2009 silam. Honda Insight juga menggunkakan mesin serta tenaga baterai yangs ama dengan Honda Civic Hybrid. Tingkat konsumsi bahan bakar Honda Insight untuk dalam kota tercatat 1 liter untuk 40 mil sedangkan untuk pemakaian jarak jauh tingkat konsumsi bahan bakarnya 1 liter untuk 43 mil.

Honda Fit atau yang lebih dikenal dengan nama Honda Jazz di Indonesia berhasil tercatat sebagai salah satu mobil dengan bahan bakar efisien di peringkat dua belas. Honda Fit menjadi satu-satunya mobil non-hybrid merek Honda yang masuk dalam riset ini. Honda Fit berhasil mengumpulkan nilai 45. Honda Fit yang mengandalkan mesin i-VTEC berhasil mencatat tingkat konsumsi bahan bakar 1 liter untuk 28 mil untuk pemakaian dalam kota sedangkan untuk pemakaian jarak jauh tingkat konsumsi bahan bakarnya tercatat sebanyak 1 liter untuk 35 mil.